4 Tips Efektif Mengatasi Pintu Bahan Aluminium yang Mengalami Kerusakan

Tips Efektif Mengatasi Pintu Bahan Aluminium

Fungsi kayu sebagai material pintu kini sudah mulai digeser dengan aluminium. Pintu aluminium kini begitu banyak diminati oleh pemilik rumah. Alasannya adalah pertama, aluminium harganya lebih murah dibandingkan kayu bahkan mencapai setengahnya. Kedua, aluminium tidak mudah berkarat dan berjamur seperti kayu jadi bisa bertahan dengan lebih lama. Ketiga adalah begitu banyak model menarik yang bisa dipilih.

Apalagi ditambah dengan kemudahan perawatan bahan aluminium. Dengan begitu banyak keuntungan menggunakan material ini, pemilik rumah mana yang tidak ingin memilihnya? Baik desain dan harga bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki. Bahkan Anda juga bisa mengombinasikan pintu bahan aluminium dengan kaca agar tampak lebih mewah.

Tips Mengatasi Kerusakan yang Sering Muncul pada Pintu Aluminium

Tips Efektif Mengatasi Pintu Bahan Aluminium

Pintu berbahan aluminium memang banyak kelebihan, tapi bukan berarti terbebas dari kerusakan. Jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, maka kerusakan pun akan muncul. Apalagi tanpa adanya perawatan secara rutin. Ketika kerusakan muncul sebaiknya jangan panik. Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa anda perbaiki sendiri.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki kerusakan yang sering muncul pada pintu bahan aluminium. Sebagian besar caranya sangat mudah dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang.

  • Menggunakan hair dryer

Anda pasti tidak menyangka bahwa hair dryer di rumah juga bisa memperbaiki pintu berbahan aluminium yang rusak. Apabila pintu penyok karena benda tumpul maka Anda bisa segera menggunakan hair dryer. Angin panas yang dikeluarkan alat ini akan mengembalikan bentuk pintu yang tadinya penyok. Namun prosesnya butuh kesabaran karena cukup lama.

Caranya adalah langsung saja arahkan hair dryer pada permukaan pintu yang penyok dalam waktu yang lama. Setelah permukaannya panas, cobalah menekan dan mengembalikan ke posisi semula. Langkah ini bisa Anda lakukan jika penyok yang muncul tidak terlalu parah.

  • Menggunakan minyak goreng

Tips Efektif Mengatasi Pintu Bahan Aluminium

Pintu geser tiba-tiba tidak bisa dibuka, bukan berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru. Kerusakan ini sangat wajar dan sering terjadi, pertama Anda tidak perlu panik dan ambil minyak goreng. Kemudian telusuri bagian railing pada pintu geser tersebut. Kuaskan minyak goreng ke bagian seluruh railing. Setelah itu perlahan gerakkan pintu dan buka.

Pintu pasti akan langsung bisa digeser dengan lebih mudah. Kerusakan ini hanya karena Anda jarang melumasi railing yang sering kotor karena debu. Sebelum menggunakan minyak, jika banyak debu yang mengumpul sebaiknya hilangkan terlebih dahulu.

  • Menggunakan cuka dan air

Karat juga menjadi salah satu kerusakan yang sering muncul. Jika Anda melihat karat sebaiknya langsung bertindak. Hilangkan dengan menggunakan cuka yang dicampur bersama air hangat. Cuka yang bersifat asam akan menghilangkan karat dengan cara digosok ke permukaan. Hindari menggunakan sikat, namun Anda bisa menggunakan kain bahan katun. Gosok hingga karat hilang dan keringkan permukaan pintu aluminium. Jangan biarkan air tersisa karena akan menjadi penyebab karat selanjutnya.

  • Mengganti sekrup

Beberapa bagian sekrup bisa saja terlepas ketika Anda sering menggunakan pintu. Sehingga pintu akan menjadi kendur dan bisa saja copot. Teliti kembali bagian sekrup mana saja yang mulai longgar atau bahkan sudah terlepas. Anda bisa menggantinya dengan sekrup yang ukurannya lebih besar sehingga pintu akan kencang kembali.

Semoga berbagai informasi tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi berbagai kerusakan yang kerapa terjadi pada pintu berbahan aluminium. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *