Lakukan Hal Ini Kalau Mau Membuat Skylight di Rumah

Dewasa ini semakin banyak orang yang memperhatikan arsitektur rumah mereka. Karena rumah bukan hanya sekedar tempat untuk tidur, tetapi juga tempat untuk tinggal yang harus dibuat senyaman mungkin. Semakin nyaman rumah, semakin betah kita berada di rumah. Maka itu, orang-orang juga mementingkan seni dalam mengatur rumah mereka.

Skylight di Rumah

Salah satu hal yang menjadi tren beberapa tahun belakangan adalah skylight atau atap kaca. Banyak orang yang telah menggunakan skylight sebagai bagian yang penting untuk melengkapi rumah mereka. Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika memasang skylight di rumah. Pemasangan dan pemilihan tempat yang apik, akan membuat skylight menjadi jauh lebih spesial daripada hanya atap kaca biasa. Hal-hal inilah yang membuat banyak orang semakin mempertimbangkan skylight ada di rumah mereka.

Membuat Skylight di Rumah

Membuat Skylight di Rumah

Skylight bisa dipasang di seluruh bagian rumah anda, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang belajar, dapur, ruang keluarga, taman di dalam rumah, bahkan loteng. Jika anda ingin menambah sentuhan seni berupa skylight untuk rumah anda, maka ada hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut adalah ulasan hal-hal yang harus anda ketahui jika ingin membuat skylight di rumah.

Manfaat Skylight

Skylight sendiri memang memiliki manfaat untuk rumah, contohnya bisa memangkas energi listrik untuk lampu di rumah. Seperti yang kita ketahui, bahwa mengurangi energi listrik adalah hal yang dibutuhkan Bumi saat ini. Dengan menggunakan skylight, anda bisa membantu menjaga Bumi. Selain itu, skylight juga bisa menambah keindahan untuk rumah anda. Akan ada cahaya-cahaya yang masuk ke dalam rumah dan makin memperjelas interior ruangan anda.

Penempatan Skylight

Pemilihan tempat-tempat yang akan anda pasang skylight harus diperhatikan dengan sangat baik. Memperhatikan arah matahari terbit dan tenggelam juga sangat penting. Jangan sampai masuknya sinar mentari justru akan mengganggu kegiatan anda di dalam rumah. Contohnya saja di kamar, usahakan jangan memasang skylight tepat di atas kasur anda tetapi letakkan agak menyamping atau berada di arah kaki anda.

Berbeda dengan kamar tidur, jika memasang skylight di tempat lain seperti ruang tamu, ruang belajar, dapur, ruang keluarga, ataupun taman di dalam rumah, justru lebih baik jika dipasang di tengah-tengah ruangan. Hal ini ditujukan agar pencahayaan yang masuk bisa digunakan dengan maksimal.

Pemilihan Bahan

Menggantikan atap dengan bahan kaca, tentu kita tidak boleh sembarangan memilih bahan. Bahan yang dianjurkan untuk skylight adalah kaca tempered. Kaca ini jauh lebih kuat dibandingkan kaca pada umumnya yang dibuat untuk jendela rumah. Kelebihan dari kaca ini adalah kuat diterpa suhu yang sangat panas dan bisa dengan cepat kembali pada suhu normal. Kekuatan inilah yang akan menjadikan kaca tahan lama.

Selain kuat menahan panas, kaca tempered juga tidak mudah pecah. Tetapi bukan berarti tidak bisa pecah, hanya kecil kemungkinan untuk pecah jika tidak terbentur atau terkena goresan yang sangat dalam. Selain itu, bahan ini juga mudah dalam perawatannya. Untuk membersihkan cukup dengan kain kering yang diberikan cairan pembersih kaca.

Jangan Lakukan

Jika anda sudah mantap memilih bahan tersebut untuk skylight, maka ada hal-hal yang harus diperhatikan lainnya. Jangan memotong kaca atau melubanginya karena akan beresiko merusak. Maka dari itu, pastikan ukuran yang pas sebelum memesan kaca. Jika terdapat goresan yang dalam, langsung periksa apakah ada retakan. Kalau ada, maka harus langsung diganti karena kalau tidak akan menyebar dan bisa pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *