Hal-hal yang Perlu diperhatikan saat Membuat Tangga Rumah Minimalis

Hal yang Perlu diperhatikan saat Membuat Tangga Rumah

Saat mau membangun rumah, orang pasti memikirkan rumahnya mau dibangun bertingkat atau tidak. Tentu saja, ini adalah poin penting yang harus dipikirkan baik-baik. Ketika rumah dibangun bertingkat, otomatis kamu juga harus menentukan, misalnya mau membuat tangga yang seperti apa, dan mau menggunakan railing kayu biasa atau railing kaca. Rumah yang luas tentu punya lebih banyak opsi mengenai hal ini. Berbeda dengan rumah berukuran sedang yang harus mempunyai banyak pertimbangan. Desain tangga rumah saat ini sudah bermacam-macam, bahkan ada yang difungsikan juga sebagai rak ataupun lemari dibawah anak tangganya. Menarik, bukan?

5 Hal Penting yang Perlu Diingat Ketika Membangun Tangga Rumah Minimalis

Seperti yang kita tahu, dalam memilih desain tangga ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Kamu tidak bisa begitu saja memutuskan mana yang menurutmu bagus dan cocok dengan desain rumahmu. Setidaknya ada 5 hal penting yang perlu kamu perhatikan terlebih dulu. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Desain Tangga Terhadap Denah Rumah

Hal yang Perlu diperhatikan saat Membuat Tangga Rumah

Sebelum memilih desain tangga yang kamu inginkan, kamu harus menyesuaikannya dulu dengan rumahnya. Apakah rumah yang akan dibangun berukuran luas? Jika tidak, itu artinya kamu memiliki opsi terbatas mengenai tata letak tangga yang akan dibangun. Pada rumah berukuran minimalis, ada baiknya tangga dibangun bersebelahan dengan tembok. Hal ini dilakukan agar ruangan jadi tidak terkesan sempit karena keberadaannya. Letaknya juga perlu disesuaikan agar dapat dilewati dengan nyaman.

2. Kualitas Material yang Digunakan

Pilihlah material yang kuat dan kokoh, baik untuk anak tangga maupun railing-nya. Material yang kokoh akan membuat penghuni rumah merasa aman menggunakan tangga. Selain itu, pastikan agar tangga kuat ketika dilewati beban berat. Tentu saja agar sinkron dengan konsep dan desain ruangan, maka materialnya juga perlu disesuaikan. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan railing kaca pada konsep ruangan serba putih. Bisa juga menggunakan material kayu untuk anak tangga jika konsep rumahnya bergaya klasik.

3. Pertimbangkan untuk Memasang Railing

Banyak dari desain tangga modern zaman sekarang yang menampilkan konsep tangga tanpa railing. Memang desain seperti ini sedang tren diaplikasikan di rumah berukuran minimalis. Tampilannya juga cenderung lebih elegan. Namun tangga seperti ini kurang cocok diterapkan pada rumah yang memiliki anak-anak dan lansia di dalamnya. Terlalu berisiko dan berbahaya. Pertimbangkan untuk memilih desain tangga yang tetap menggunakan railing untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Railing kaca juga bagus untuk dijadikan pilihan, karena tetap tidak mengabaikan faktor keamanan dan juga estetika ruangan.

4. Pencahayaan Ruangan Perlu Disesuaikan

Hal yang Perlu diperhatikan saat Membuat Tangga Rumah

Jangankan anak-anak, orang dewasapun pasti akan kesulitan naik dan turun tangga dalam keadaan remang. Pencahayaan adalah salah satu hal yang paling penting untuk memastikan keamanan tangga. Usahakan agar semua sudut ruangan memiliki pencahayaan yang baik dan rata. Kamu juga bisa memasang lampu-lampu kecil pada setiap sisi anak tangga agar lebih terang dan aman.

5. Pemanfaatan Ruang Kosong dibawah Anak Tangga

Hal yang Perlu diperhatikan saat Membuat Tangga Rumah

Desain tangga rumah minimalis yang ada sekarang cenderung menyisakan ruang kosong dibawah anak tangga. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menggunakannya sebagai rak buku, lemari, dan sebagainya. Tentu sayang, bukan, jika diabaikan begitu saja. Padahal tujuan dari membangun tangga minimalis adalah agar bisa lebih menghemat ruangan. Dengan memanfaatkan ruang kosong tersebut, itu artinya kamu sudah memaksimalkan penggunaan ruangan di rumahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *