Apa Saja Fungsi Tiang Pancang?

Fungsi Tiang Pancang

Dalam sebuah bangunan baik rumah ataupun gedung, sudah pasti ada tiang pancang. Tiang ini sendiri memang merupakan jenis pondasi untuk bangunan berskala kecil ataupun besar. Di mana tiang yang sering juga disebut reinforce concrete pile ini adalah material dari beton bertulang yang memang sidah terkenal akan kekuatan menahan beban.

Walaupun tiang ini sering menggunakan bahan beton, tapi Anda juga akan menemukan tiang dengan bahan kayu atau baja. Keunggulan utama dari tiang ini adalah menahan beban berat dari sebuah bangunan, sehingga bangunan akan berdiri kokoh. Tentu saja pemasangan tiang ini tetap harus melalui perhitungan matang. Tapi, apakah Anda mengetahui apa kegunaan tiang untuk pondasi ini? Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat kegunaannya.

Fungsi Tiang Pancang untuk Bangunan

Fungsi Tiang Pancang

Kegunaan dari tiang ini memang penting sekali, apalagi jika membangun bangunan skala besar. Sudah pasti tiang ini berperan sangat penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tiang pancang pada sebuah bangunan yang perlu untuk diketahui:

1. Menahan beban berat

Seperti yang sudaj disinggung sebelumnya, kegunaan utama dari tiang pancang ini adalah untuk menahan beban bangunan. Tiang ini sendiri biasanya akan ditanam di dalam tanah sehingga mampu manahan seluruh bangunan. Tiang ini juga mampu mengirimkan gaya vertica dan gaya leteral yang berguna untuk menahan bangunan agar tetap dalam posisi tegak dan kokoh.

2. Cara kerja mirip pondasi tapak

Jenis pondasi tidak hanya satu, di mana tiang ini memiliki cara kerja yang mirip dengan pondasi tapak. Pondasi tiang ini mampu menahan dorongan dalam tanah, sehingga bangunan tidak akan roboh atau gagal guling. Tentu peran tiang ini menjadi sangat penting agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

3. Tanah pondasi menjadi padat

Fungsi selanjutnya dari tiang ini adalah mampu memadatkan tanah pondasi. Ketika sedang melalukan pemancangan tiang, maka secara otomatis tanah yang lepas mampu dipadatkan dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan adanya tekanan besar yang membuat tanah sekitar tiang menjadi padat.

4. Untuk mengontrol getaran pondasi

Ketika memancang tiang, sudah pasti akan menggunakan alat. Di mana dari alat ini akan muncul getaran amplitudo. Disinilag tiang akan menahan getaran dalan tanah yang disebabkan oleh alat pemancang sehingga tanah tetap dalam keadaan padat.

5. Mencegah erosi

Fungsi selanjutnya dari tiang pancang ini adalah mampu mencegah erosi pada tanah. Fungsi ini sangatlah penting ketika tiang menjadi pondasi utama pada jembatan. Dengan mampu menahan erosi, maka akan tercipta keamanan tambahan pada saat pembangunan atau bahkan ketika jembatan sudah berfungsi dengan baik.

6. Cocok untuk pondasi lepas pantai

Tiang ini juga sangat cocok sekali untuk menjadi pondasi bangunan yang ada di lepas pantai. Tiang ini mampu menyalurkan beban air untuk ke dalam air dan tanah. Hal ini menjadikan bangunan kokoh serta aman. Beban yang ada pada air yang masuk ke dalam air dan tanah juga akan membantu mencegah terjadinya pergeseran bangunan.

7. Keamanan bangunan meningkat

Terlihat sekali dari poin-poin sebelumnya bahwa tiang ini mampu meningkatkan keamanan pada bangunan. Kekuatannya menahan beban yang sudah tidak diragukan lagi, membuat tiang ini mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh banyak faktor.

Itulah fungsi dari tiang pancang untuk bangunan yang memang memberikan banyak sekali keuntungan dari segi keamanan serta membuat bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *