Cara Mendesain Halaman Rumah Elegan Dan Minimalis

Cara Mendesain Halaman Rumah Elegan Dan Minimalis

Sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, serta menjadi tempat berisiratahat setelah lelah beraktifitas seharian di luar. Rumah adalah tempat yang harus kita jaga kenyamanan dan kebersihannya untuk mengembalikan suasana segar dan siap untuk beraktifitas dengan semangat keesokan harinya. Dalam menciptakan suasana yang nyaman tak hanya dalam ruangan rumah saja, kita juga perlu memperhatikan bagian luar rumah. Halaman rumah yang tak terurus akan memberikan efek negatif pada suasana hati kita. Hal ini juga perlu kita perhatikan. Pasalnya banyak sekali orang yang salah dalam mendesain halaman rumah dan membiarkan halaman rumah terbengkalai.

Hidup di kota besar yang memiliki jumlah penduduk yang padat, menjadikan kita sulit untuk mendapatkan lahan yang luas untuk membangun sebuah rumah. Hal ini menjadikan kita harus memaksimalkan ruang bangunan untuk rumah. Dan berakibat sedikitnya sisa ruang untuk halaman. Ditambah lagi dengan kebutuhan lahan parkir untuk kendaraan sehingga space untuk halaman kita menjadi semakin sempit. Oleh karenanya, kita harus pandai mendesain sisa ruang halaman kita untuk menciptakan halaman rumah yang minimalis namun tampak elegan.

Kesalahan yang banyak orang lakukan dalam memanfaatkan sisa lahan halaman rumah adalah menutup sisa lahan halaman rumah dengan cara mengecornya ataupun memasang keramik dan dijadikan teras. Hal ini berdampak pada tidak adanya lahan terbuka hijau sebagai faktor penambah keindahan dan kenyamanan hunian, sehingga tidak ternampak hunian yang asri. Padahal, kita bisa membuat halaman rumah kita menjadi taman kecil yang indah. Dengan adanya taman kecil dihalaman rumah kita pula menjadikan rumah kita tampak fresh.

Dalam mendesain halaman rumah yang asri, kita dapat menanam tanaman bunga yang sesuai selera kita dengan mengkolaborasikannya dengan paving block sebagai menutup permukaan tanahnya. Hanya dengan sedikit kreasi yang kita lakukan, kita dapat menciptakan taman kecil yang indah pada halaman rumah kita. Selain menambah keindahan pada halaman rumah kita, pemasangan paving block pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak material seperti pada pemasangan keramik. Karena pemasangannya yang tidak dicor, air mudah menyerap kepermukaan tanah sehingga penggunaan material ini berguna untuk mencegah becek pada saat hujan.Pemasangannya terbilang mudah dan tidak rumit, kita hanya butuh kelitian dalam memadukan bentuknya agar dapat saling mengunci satu sama lain sama seperti saat kita sedang menyusun pazzel. Serta waktu pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, kita hanya perlu menyusunya saja dengan rapih.

Mengenai pengaplikasiannya, kita juga bisa menyesuaikan dengan model dan ukuran paving yang biasa digunakan untuk menghiasi taman. Terdapat banyak pilihan model material ini tergantung dengan selera kita. Adapun model dan ukurannya sebagai berikut:

Model dan ukuran paving block Untuk Halaman Rumah

Sebagai saran,kita tidak perlu menutup semua permukaan tanah sisa lahan dengan paving. Sisakanlah sedikit lahan untuk tanaman tumbuh, pemilihan tanaman sesuaikanlah dengan selera kita. Kita dapat memilih bunga sebagai lambang keindahan, dan berilah sedikit ruang pada saat pemasangan paving block, hal ini guna membiarkan rumput tumbuh pada sela-selanya yang akan memberikan sentuhan hijau pada latar halaman kita. Ratakanlah permukaan tanahnya terlebih dahulu  dan gunakanlah pasir sebelum memulai pemasangannya, agar kita mudah untuk menyusunnya dan mendapatkan hasil yang rapih dan indah. Permukaan yang tidak rata juga akan menyulitkan kita untuk menyesuaikan bentuk salah satu material penutup permukaan tanah ini pada saat pemasangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *