3 Jenis Kanopi Minimalis yang Ampuh Lindungi dari Panas

Kanopi adalah salah satu elemen bagian yang sering digunakan dalam tambahan konstruksi bangunan. Struktur bangunan dengan tambahan kanopi ini dapat digunakan pada bagian luar sebuah gedung atau bangunan, dan menjadikannya atap luar yang sebaguna.

Kini penggunaan kanopi pun sudah sangat umum digunakan dalam berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah hingga gedung tinggi sekalipun. Penggunaan sebuah elemen pelengkap ini memang memiliki segudang manfaat, seperti melindungi dari hujan, panas matahari, hingga kini bisa dibuat sebagai kanopi untuk garasi depan rumah.

Jenis Kanopi Minimalis

Tak hanya digunakan karena manfaat utamanya saja, pemakaian kanopi juga bisa dibuat sedemikian rupa untuk menaikkan unsur estetika bangunan. Pembuatannya bisa dipilih dengan berbagai model yang tidak monoton, sehingga selain berguna untuk kebutuhan pemiliknya, ia juga akan menambah nilai estetika rumah atau gedung sehingga semakin menarik kala dilihat.

Jenis-Jenis Kanopi yang Tahan Panas

Kanopi memang diciptakan dalam berbagai jenis bahan dan model, hal itu disesuaikan dengan berbagai kebutuhan para pengguna saat ini. Baik kanopi untuk atap berteduh, untuk garasi, bahkan hanya untuk penambah dekorasi pun kini memiliki spesialisasi tersendiri terutama dari segi bahannya. Berikut ini beberapa jenis kanopi yang tahan panas.

1. Kanopi Berbahan Kaca

Kanopi Kaca

Pertama, ada kanopi berbahan kaca yang berguna dan sering digunakan dalam berbagai bangunan seperti halaman gedung hingga rumah minimalis yang kini populer. Bahkan kanopi kaca kini banyak diaplikasikan pada rumah elegan yang mengusung konsep minimalis modern, dimana lebih banyak menambahkan dekorasi berbahan kaca. Pemilihan kanopi jenis ini dapat menjadi solusi sebagai tambahan dekorasi pada rumah tersebut.

Agar tidak terlalu dominan, elemen kaca bisa diaplikasikan pada penggunaan pintu, jendela, serta kanopi di halaman rumah. Selain dari fungsi estetikanya, kanopi kaca ternyata sangat tepat digunakan jika kamu menginginkan penggunaan yang lebih awet karena bahan kaca tersebut tahan di segala cuaca, termasuk suhu panas dari sinar matahari. Struktur permukaannya pun kuat dan terhindar dari resiko keretakan, karena dibekali dengan kaca khusus berbahan tebal dan sudah sesuai standar keamanan.

2. Kanopi Polycarbonate

Kanopi Polycarbonate

Selanjutnya ada kanopi berbahan polycarbonate yang terlihat seperti bahan semi kaca, karena memiliki tampilan bening dan kuat dalam pemakaiannya. Desain yang dibuat pada kanopi ini adalah bergelombang, sehingga tampilannya lebih elegan. Menariknya, ada banyak pilihan warna bening yang digunakan, sehingga bisa lebih teduh ketika sudah diaplikasikan dan sangat cocok digunakan pada daerah tropis.

Tak hanya tampilannya saja yang mirip dengan kaca, namun kelebihan yang dimilikinya pun terkesan mirip, bahkan bahan ini diketahui memiliki kekuatan lebih besar lagi dari bahan akrilik dan kaca. Tak hanya meneduhkan karena beragam warna gelapnya, materialnya juga dapat meredam panas yang terik serta tak mudah terbakar.

3. Kanopi Alderon

Kanopi Alderon

Ampuh menahan teriknya panas matahari juga dimiliki oleh kanopi Alderon karena berbahan UPVC yang terkenal bisa meredam suara serta kekuatannya menahan bobot yang berat. Penggunaan kanopi jenis ini sudah cukup banyak dipilih karena terbukti manfaatnya. Bahkan ketika panas, bahannya tidak akan mudah luntur dan rusak. Jika hujan lebat, UPVC dapat meredam suara jatuhnya air yang keras, serta kuat dipakai bertahun-tahun meskipun sering diterjang hujan besar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis kanopi yang tahan terhadap cuaca panas, mulai dari kanopi kaca, semi kaca, hingga yang berbahan UPVC. Semua bahan ini bisa menjadi referensi bahan kanopi yang akan kamu gunakan pada rumah, karena masing-maisngnya memiliki kelebihan yang setara dari segi kekuatan serta tampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *